Thursday, February 24, 2011

Sekilas Mengenal Blu-ray Disc


Agan² tentu udah pada tahu bahwa terdapat beberapa jenis media penyimpanan, misalnya : disket (sekarang sudah jarang/tidak dipergunakan lagi), harddisk (maupun yang portable), CD/VCD, DVD, dan Flashdisk. Nah, sekarang ada yang namanya Blu-Ray Disc. Media penyimpan ini secara fisik masih sama sih, yaitu menggunakan cakram atau disc seperti halnya CD/VCD dan DVD.


Pengertian dari Blu-ray Disc :

Blu-ray Disc (atau disingkat dengan BD) adalah salah satu format yang diperuntukkan untuk optical disc, yang kebanyakan digunakan untuk menyimpan data dan video. Dengan kata lain bahwa Blu-ray Disc ini hanyalah sebuah cakram optik untuk penyimpanan media digital.



Disc jenis ini dikembangkan oleh Blu Ray Disc Association, yaitu tim yang terdiri dari produsen consumer electronic, para pembuat komponen hardware, juga industri perfilman.


Lalu, kenapa disc ini diberi nama Blu-ray??

Karena disc ini menggunakan laser jenis biru-ungu untuk proses baca-tulis (read and write). Blu-ray Disc dapat menyimpan data yang lebih banyak dari format DVD karena panjang gelombang laser biru-ungu yang dipakai hanya 405nm dimana lebih pendek dari panjang gelombang laser yang memungkinkan untuk menyimpan lebih banyak informasi pada 12 cm CD/DVD ukuran disc.



Minimum "spot size" di mana sebuah laser dapat terfokus dibatasi oleh difraksi, dan bergantung pada panjang gelombang dari cahaya dan kecepatan rana numerik dari lensa yang digunakan untuk fokus itu. Dengan penurunan panjang gelombang, meningkatkan kecepatan rana numerik 0,60-0,85 dan membuat penutup lapisan tipis agar terhindar dari efek optik yang tidak diinginkan, laser dapat difokuskan ke tempat yang lebih kecil.

Beberapa pabrik bahkan telah membuat cakram Blu-ray satu lapis dan dua lapis (50 GB) yang dapat ditulis ulang. Cakram Blu-ray Disc dua lapis berkapasitas 50 GB dapat menampung video definisi tinggi (HD) berdurasi 9 jam atau video definisi standar (SD) berdurasi 23 jam. Secara rata-rata, sebuah cakram Blu-ray satu lapis dapat menampung video MPEG-2 definisi tinggi berdurasi 135 menit dengan bonus 2 jam dalam kualitas definisi standar. Versi dua lapis dapat menampung video definisi tinggi berdurasi 3 jam dengan bonus dalam kualitas standar berdurasi 9 jam.

Dalam dunia teknologi, hampir bisa dipastikan ada saja kemajuan yang telah dicapai dalam jangka waktu tertentu, misalnya Sharp, salah produsen elektronik terkemuka di Jepang baru-baru ini merilis Blu-ray Disc yang berkapasitas 100 GB dengan tiga lapis. Kapasitas tersebut sama dengan 2 kali kapasitas penyimpanan format Blu-ray Disc yang sudah ada sebelumnya. Jenis Blue-ray Disc ini diberi nama VR-100BR1 yang berformat BDXL.




sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7184371

No comments:

Post a Comment